Pekanbaru, Diriau.com -- Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT diwakili Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi memimpin upacara bendera peringatan Hari Jadi ke-235 Kota Pekanbaru di halaman Perkantoran Walikota Pekanbaru Tenayan Raya, Pekanbaru, Senin (24/62019).

Pada upacara yang berlangsung khidmat ini, Ayat Cahyadi selaku inspektur upacara dan Kadis PUPR Pekanbaru Indra Pomi selaku komandan upacara.

Pada upacara Hari Jadi 2019 ini turut dihadiri Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru, Forkompinda Pekanbaru, Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, kepala dinas, camat, lurah, LPM, Forum RT/RW, tokoh pemuda, tokoh masyarakat, dan undangan lainnya dengan mengenakan pakaian khas Melayu.

Dalam pidatonya, Ayat Cahyadi menyampaikan rasa syukur karena semua elemen masyarakat bisa sama-sama hadir mengikuti upacara bendera memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-235. "Alhamdulillah, kita bisa hadir bersama-sama pada peringatan Hari Jadi Kota Pekanbaru yang digelar setiap 23 Juni melalui kegiatan upacara bersama," kata Ayat Cahyadi.

Sebelumnya, lanjut Ayat, seluruh elemen masyarakat juga telah mengikuti agenda sidang Paripurna Istimewa di Kantor DPRD Kota Pekanbaru dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke- 235 ini.

Menurut Ayat, pada periode kepemimpinan Firdaus-Ayat 2012-2017 memiliki visi dan misi menjadikan Kota Pekanbaru sebagai Kota Metropolitan yang Mendani. Sementara pada periode kedua 2017-2022, Firdaus-Ayat memilimi visi dan misi yakni Terwujudnya Pekanbaru Smart City yang Madani.

Selain itu, menurut Ayat kepemimpinan Firdaus-Ayat juga ingin mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa, pusat pendidikan dan kebudayaan melayu, guna menuju masyarakat yang sejahtera dengan berlandasakan iman dan takwa.

Tujuan visi tersebut adalah terciptnya masyarakat Kota Pekanbaru yang mandiri, tangguh dan memiliki daya saing tinggi dengan sasaran pelayanan cepat, dekat, tepat, murah dan lebih baik.

1561606219-Diriau com-IMG-20190625-WA0006-768x576

Selain itu, masyarakat Pekanbaru yang nadani harus diwujudkan dalam kehidupan masyarakat yang sejahtera dengan landasan iman dan takwa. "Ada beberapa indikator yang menjadi perhatian bagi seluruh SKPD sehingga seluruh kegiatan pembangunan benar-benar dinikmati oleh masyarakat," jelas Ayat Cahyadi.

Pertama menginginkan masyarakat Kota Pekanbaru yang sehat jasmani dan rohani. Hal ini diwujudkan Pemko Pekanbaru dengab membangun Puskesmas bahkan membangun rumah sakit tipe C yakni RSUD Madani yang berada di Jalan Garuda Sakti, Panam, Pekanbaru.

Kedua menginginkan masyarakat Pekanbaru yang cerdas, berpendidikan dan mempunyai keterampilan dan menguasai teknologi yang sedang berkembang. Melalui Dinas Pendidikan, Pemko Pekanbaru telah membangun sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas guru dan bersinergi dengan swasta serta pemerintah pusat dan daerah.

Ketiga menciptakan masyarakat yang berakhlak baik dan cinta kepada budaya bangsa dengan mempunyai keterampilan sehingga bisa bersaing di era persaingan global yang saat ini sangat kompotitif. Selain memiliki skil dan keterampilan, masyarakat Pekanbaru harus juga memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik.

"Jadi melalui kegiatan Hari Jadi Kota Pekanbaru ke-235, Ayat Cahyadi mengajak masyarakat bersatu padu dan bekerjasama dalam membangun Kota Pekanbaru. Caranya dengan meningkatkan sumber daya manusia guna mewujudkan visi misi Kota Pekanbaru," kata Ayat Cahyadi.

Ayat menerangkan, peringatan Hari Jadi 2019 juga digelar bersamaan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tingkat Kota Pekanbaru. Pekanbaru yang sudah memasuki usia 235 tahun dengan jumlah penduduk sudah mencapai 1,1 juta jiwa, tentunya potensi munculnya permasalahan sosial ditengah masyarakat akan tinggi sehingga harus dibenahi secara bersama.

"Seharusnya upacara Hari Jadi Kota Pekanbaru ini kita gelar kemarin pagi (Minggu) sebelum rapat paripurna di DPRD Pekanbaru. Tetapi upacara ini sengaja kita gelar bersamaan dengan peringatan Harganas, agar ebih maksimal," jelas Ayat Cahyadi.

Sempena Hari Jadi ke-235 Kota Pekanbaru, Pemko Pekanbaru menyelenggarakan beberapa kegiatan. Diantaranya Pesta Rakyat Pekanbaru Hebat (Halal bi halal masyarakat) yang digelar 19 Juni 2019, Aksi Gotong Royong Bersih Sungai Siak melibatkan seluruh ASN Pemko Pekanbaru pada 20 Juni 2019 dilanjutkan dengan Gala Dinner bersama peserta DBF dengan Walikota Pekanbaru.

Pada tanggal 21-23 Juni digelar Dragon Boat Festival di Sungai Siak, Sidang Paripurna DPRD 23 Juni, upacara bendera 24 Juni di Perkantoran Tenayan dan menggelar aksi donor darah, serta puncak kegiatan Hari Jadi 2019 dengan kegiatan Happy Creativity of ASN. (Adv)

SHARE
Previous articleSandi Ingin Tuntaskan Pendidikan Doktoralnya
Next articleDin Syamsuddin: Wajar Umat Islam Marah ke Sukmawati, Ini Kejadian yang Kesekian Kali

COMMENTS