Kadisdik Kota Pekanbaru Abdul Jamal
PEKANBARU - Calon peserta didik yang berdomosili di pinggir Kota Pekanbaru kesulitan dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB). Pasalnya mereka mengalami  terkendala mendaftar karena tidak punya Kartu Keluarga (KK) Kota Pekanbaru.
 
Padahal, calon peserta didik ini tinggal di kawasan yang akses sekolahnya lebih dekat dengan Kota Pekanbaru dibandingkan kabupaten domisilinya. Seperti yang dialami calon peserta didik yang tinggal di perbatasan Pekanbaru - Kampar.
 
Terkait hal ini Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengakui ada permasalahan yang dihadapi calon peserta didik yang tinggal di perbatasan. Namun SD Negeri dan SMP Negeri di Kota Pekanbaru masih memprioritaskan calon peserta didik yang berdomisili di Kota Pekanbaru.
 
"Kami menyarankan para orangtua calon peserta didik bisa mendaftar sesuai KK domisili," kata Jamal, Kamis (4/7/2019).
 
Meskipun begitu, para calon peserta didik yang berdomisili di luar wilayah Pekanbaru masih ada kesempatan sekolah di Pekanbaru. Tetapi dengan catatan melalui jalur pindah orangtua.
 
"Mereka juga bisa mendaftar, tapi dengan syarat daya tampung masih ada di sekolah itu," tambahnya.
 
Sementara itu, PPDB 2019 di Kota Pekanbaru menerapkan tiga jalur penerimaan. Ada jalur zonasi sebanyak 80 persen dari daya tampung, jalur prestasi sebanyak 15 persen dari daya tampung dan jalur pindah orangtua sebanyak 5 persen.
 
Reporter: Lukman Prayitno 
SHARE
Previous articlePBVSI Gelar Kejurda Pelajar Pekan Depan
Next articleUsai Musprov Riau Ke - X, PBVSI Rohil Berkomitmen Majukan Olahraga Volly

COMMENTS