PEKANBARU,  DIRIAU.COM - Federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) telah resmi mengeluarkan pernyataan terkait kasus yang diduga pencurian umur salah satu peserta Piala AFF U-15 2019.

Seperti dikutip dari BOLASPORT.COM, AFF melalui situs resminya mengeluarkan pernyataan resmi pada Rabu (31/7/2019).

Dalam pernyataannya tersebut, AFF telah menerima protes pada Senin (29/7/2019) dari salah satu tim peserta mengenai kelayakan seorang pemain dalam ajang Piala AFF U-15 yang diadakan di Chonburi, Thailand.

Pihak AFF mengaku siap melakukan investigasi dan menyelidiki kasus tersebut lebih lanjut.

Protes tersebut sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan selama Piala AFF U-15 2019 berlangsung. AFF sedang melakukan penyelidikan yang diperlukan dan telah meminta berbagai pihak untuk berkolaborasi menentukan fakta," begitu bunyi rilis resmi AFF.

AFF juga menyatakan setelah penyelidikan selesai, mereka akan mengeluarkan pernyataan resmi kepada media.

Kasus yang diselidiki AFF kemungkinan besar adalah dugaan pemalsuan umur yang dilakukan oleh timnas Timor Leste.

Laporan dari Fox Sport Asia menyatakan usia kapten Timor Leste, Paulo Domingos Gali Da Costa Freitas, diduga telah dipalsukan.

Striker yang mencetak empat gol saat Timor Leste melibas Filipina itu diduga memiliki usia 22 tahun.

Dugaan tersebut muncul menyusul adanya kemiripan Paulo Domingos dengan pemain berusia 22 tahun Timor Leste yang tampil di Piala AFF 2018 dengan nama yang sama.

Selain itu, situs penyedia data sepak bola, Transfermarkt juga mencatat bahwa sang pemain berusia 22 tahun dengan tanggal kelahiran 31 Desember 1996.

Pada laman tersebut juga menunjukkan bahwa Paulo Domingos telah tampil sebanyak dua kali di ajang internasional bersama timnas Timor Leste.

Gali Freitas sendiri menjadi starter saat laga melawan Indonesia pada matchday ketiga Grup A Piala AFF U-15 2019 Rabu sore. Pada laga yang berkesudahan dengan skor 1-1 tersebut,  Freitas turut mencetak gol penyama kedudukan.

Editor: Lukman Prayitno 

SHARE
Previous articleRiau Bawa 18 Atlet Ikuti Pra PON Wilayah I Sumatra
Next article820 Peserta Antusias Ikuti Perkemahan HUT Pramuka Kampar Kiri

COMMENTS