Meranti, DIRIAU.com -- Pelayanan administrasi kependudukan bagi masyarakat terus ditingkatkan. Selain durasi semakin cepat, juga tidak dikenakan biaya sepersen pun alias gratis.

Bahkan Dinas tersebut juga memberikan pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pada hari libur yakni Sabtu dan Minggu. Namun pelayanan tidak diberikan dikantor, tetapi di Pasar Sandang Pangan Selatpanjang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kepulauan Meranti Hariyandi MSi, didampingi Budi Hartoyo MSi mengatakan bahwa perekaman pada hari libur tersebut mulai dari pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 14.00 wib. petugas akan stanby pada waktu tersebut untuk memberikan pelayanan perekaman KTP-el.

"Jadi masyarakat tidak perlu khawatir lagi. Karena bagi yang tidak bisa melakukan perekaman saat jam kerja, tetap bisa melakukannya pada hari libur. Ini sebagai bentuk pelayanan yang maksimal dan semakin baik," ungkap Hariyandi.

Dia mengatakan ini adalah upaya jemput bola. Dengan begitu akan semakin memudahkan masyarakat.

Lebih jauh Hariyandi menegaskan juga dalam memberikan pelayanan KTP-el dan seluruh administrasi lainnya seperti, Kartu Keluarga (KK) sampai dengan Akte Kelahiran bisa diselesaikan kepengurusannya dalam sehari. Tetapi dengan catatan, seluruh persyaratannya terpenuhi.

"Kalau bisa sehari, kenapa mesti lama-lama. Kalau saya ditempat bisa langsung selesai hari itu juga," kata Hariyandi.

Kemudian untuk seluruh kepengurusannya tidak dikenakan biaya, alias gratis. Oleh sebab itu dia menegaskan kepada seluruh masyarakat agar segera melakukan kepengurusan dan melengkapi seluruh administrasi kependudukannya masing-masing.

"Untuk KTP-el kita bahkan sampai turun ke desa-desa. Artinya pelayanan saat ini semakin baik dan sangat memudahkan masyarakat," kata Kadisdukcapil Kepulauan Meranti itu.

Ditambahkan Kabid Kependudukan Budi Hartoyo MSi agar masyarakat tidak perlu khawatir tidak dilayani. baik saat datang ke Kantor Disdukcapil, maupun saat petugas datang ketengah masyarakat. Menurutnya beberapa sistem pelayanan bahkan telah diperbaharui dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan.

"Kita terus mengedepankan kepentingan masyarakat dalam memberikan pelayanan. Hal itu bisa dilihat secara langsung," tambah Budi.

SHARE
Previous articleMasih Beroperasi, Satpol PP Beri Surat Peringatan ke Lokalisasi Maredan
Next articleSPI desak Polda Riau Transfaran Dalam Penegakan Hukum Terkait Bupati Bengkalis Yang Diduga Kuat Ikut Terlibat

COMMENTS