Diriau.com -- Menjelang datangnya 1 Syawal atau hari raya Idul Fitri selalu ada cerita bagaimana tradisi masyarakat menyambut hari kemenangan tersebut.

Salah satunya ada di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar.

Di desa berpenduduk sekitar 3000 orang ini masyarakat menyambut hari raya Idul Fitri dengan menggelar lomba takbiran antar dusun. Lomba ini selalu diadakan setiap tahun. Tahun ini lomba takbiran diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pulau Gadang (HIMAPUGA). Selain diikuti 4 dusun, pada lomba kali ini juga diikuti utusan, RIKMI (Remaja Islam Kampung Mahligai Indah) utusan, utusan OPP ( Organisasi Pemuda Pulau Gadang) dan Mahasiswa.


Bertempat di depan Masjid Al Hidayah, empat dusun menampilkan utusan untuk melaksanakan takbiran di depan dewan hakim. Salah satu dewan hakim yang terlihat adalah H Armansyah, Lc, salah satu putra terbaik Pulau Gadang lulusan Kairo, Mesir.

Banyak aspek yang dinilai dalam lomba ini tajwid, fasoha dan adab. Selanjutnya.

Kepala Desa Pulau Gadang Abdul Razak Datuk Majo Kampau mengungkapkan, lomba takbir ini dalam rangka meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mengagungkan asma Allah, melantunkan tahlil, tahmid dan takbir sebagaimana dianjurkan Islam dalam menyambut lebaran. Ia mengaku, acara ini melibatkan anak muda dan tidak hanya digagas kalangan dewasa.

Selanjutnya Ketua Panitia Fahrul Rozi mengungkapkan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat

"Panitia mengucapkan ribuan terimakasih kepada Pemerintah desa, BPD, LP2A, LPM, Alumni HIMAPUGA Seluruh masyarakat, dan Pemuda Pemudi Desa Pulau Gadang yang telah membantu mensukseskan acara ini, semoga tahun berikutnya dapat diadakan dan dapat di tingkatkan lagi tutupnya.

SHARE
Previous articleKritik Tanpa Solusi
Next article820 Peserta Antusias Ikuti Perkemahan HUT Pramuka Kampar Kiri

COMMENTS