BAGANSIAPIAPI, DIRIAU.COM - Seluruh unsur pimpinan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-74 di Lapangan Purna MTQ, Bagansiapiapi Kabupaten Rokan Hilir, Riau, berlangsung khidmat. 

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Rokan Hilir, H. Suyatno,A.Mp dan dihadiri seluruh pejabat lingkup Pemkab Rohil, anggota DPRD Rohil dan pimpinan instansi vertikal tingkat Kabupaten Rokan Hilir.

Bupati Rokan Hilir usai peringatan HUT kemerdekaan RI ke – 74 berharap momentum ini menyadarkan semua. Bahwa mengisi kemerdekaan jauh lebih sulit dan penuh dengan tanggung jawab.

Jangan sampai pengorbanan para pahlawan, para pendahulu dan founding fathers yang dilakukan dengan darah, air mata dan harta benda tidak dimaknai mendalam.

‘’Mudah-mudahan dengan momentum ini kita mampu bangkit untuk menciptakan Rohil yang lebih baik di masa mendatang,’’ kata Suyatno, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Dalam sambutannya pada peringatan HUT RI ke-74, Suyatno mengatakan, Tuhan memberikan kepada kita, anugerah kemerdekaan. Sesuatu yang diperjuangkan dengan darah dan air mata oleh para pendahulu kita. Sebagian dari yang memperjuangkan itu masih ada di tengah-tengah kita.

Dan kita patut memberikan penghargaan terbaik untuk mereka, para pejuang kemerdekaan. Mereka mewariskan kemerdekaan. Sebuah warisan yang sangat berharga. Sebab, dengan kemerdekaan, kita memiliki lebih banyak kesempatan untuk mencapai hal-hal baru di masa depan.

‘’Hal kedua yang perlu kita renungkan, beberapa pekan sebelum kita merayakan kemerdekaan setahun lalu, Tuhan mendatangkan sebuah ujian untuk kita,’’ kata Bupati.

Dia merasa bersyukur, bangsa Indonesia pada hari ini melaksanakan ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia Yang Ke-74 Tahun, secara serentak diselenggarakan diseluruh Wilayah Republik Indonesia.

Melalui proses penyelenggara,terutama sekali pada saat pelaksanaan detik-detik proklamasi, dia melihat prosesi pelaksanaan acara sesuai yang diharapkan.

Bupati menambahkan, sebagai orang Indonesia, kita hanya tinggal menikmati saja,sementara para pahlawan pejuang kemerdekaan Republik Indonesia yang telah mendahului kita, itu berjuang tanpa pamrih, rela berkorban,untuk kepentingan Bangsa Indonesia yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Tentunya kita harapkan bagaimana negeri ini bisa baik,dan bagaimana Rokan Hilir ini bisa maju,tentunya yang paling penting adalah kebersamaan dan kekompakan kita," kata Bupati.
Peringatan HUT yang Ke-74 Tahun tersebut, juga tampak juga hadir unsur Forkompimda diataranya wakil Bupati Rokan Hilir, Drs.H.Jamiluddin, Kapolres Rohil AKBP.Sigit Adiwuryanto,Sik,MH, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Kajari Rokan Hilir Gaos Wicaksono,SH,MH dan Ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan.

1574293175-Diriau com-Screenshot 2019-11-21-06-36-22-74

Sementara itu, jajaran pejabat juga hadir dari unsur pemerintah Sekretaris Daerah Rohil Drs.H.Surya Arfan,MSi, Ketua Pengadilan Rohil,
Wakil Ketua Pengadilan Agama, Kepala OPD,Ketua KPU Supriyanto,Spi,MSi, Anggota DPRD Rohil, Partai politik,organisasi pemuda,Tokoh Agama, Legiun Veteran,serta para Siswa-Siswi Tingkat SD hingga Mahasiswa yang ikut dalam Upacara HUT Kemerdekaan RI Yang Ke 74 Tahun.

Rangkaian peringatan diwarnai peringatan detik Proklamasi dengan dibunyikan sirine, pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPRD H Nasrudin Hasan, setelah itu dilanjutkan pengibaran bendera merah putih.

 

Pemberian Remisi

Sebanyak 310 Warga Binaan Rutan Kelas IIB Bagansiapiapi Rokan Hilir, mendapat Remisi pengurangan hukuman, dan 5 warga Binaan mendapat remisi langsung Bebas.

Penyerahan Remisi warga Binaan Rutan Kelas IIB Bagansiapiapi, dilakukan secara Simbolis oleh Bupati Rohil H. Suyatno, pada Sabtu (17/8/2019), di Taman Budaya Batu 6, usai prosesi peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 74 tahun.

Sementara, Kepala Cabang Rutan Kelas IIB Bagansiapiapi, M.Jabbar mengatakan, pemberian remisi kepada warga binaan Klas II B merupakan keputusan Menteri Hukum dan Ham, melalui Dirjen Lembaga Permasyarakatan Republik Indonesia. (Adv)

SHARE
Previous articleKetua Komisi Dakwah MUI: Ucapan Sukmawati Lukai Umat Islam
Next articleFPII, HPI, PWRI Babel Serta Seluruh Wartawan Cetak & Online Datangi Kejati Provinsi Bangka Belitung

COMMENTS