ilustrasi

BENGKALIS, DIRIAU.com -- Akhir akhir ini, pihak PLN Persero Bengkalis memang sering kehilangan di beberapa trafo PLN yaitu berupa Kabel Optik Gardu.

Ternyata, saat melakukan aksi pencurian, pelaku menyamar atau dengan modus dengan cara menggunakan seragam layaknya petugas PLN di lapangan. Tapi anehnya, saat memanjat tiang listrik pelaku ini tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Setelah mendapat laporan dari warga, Kamis 4 Oktober 2018 pada pukul 10:25 Wib pagi kemaren anggota PLN langsung melakukan patroli, kemudian menemukan satu orang yang tidak dikenal dan dicurigai. Pelaku ini, melakukan aksinya, tepatnya di Desa Pematang Duku, Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis.

Menejer PLN Persero Cabang Rayon Bengkalis, Hasdedy saat dikonfirmasi RiauGreen.com, Jumat 5 Oktober 2018 membenarkan bahwa pihak PLN melakukan tangkap tangan terhadap pelaku pencuri kabel Trafo gardu.

"Benar pelaku ini menggunakan seragam layaknya petugas PLN dan tanda pengenal, serta mobil yang digunakan pelaku ini juga ada stiker Logo PLN nya," ungkap Menejer PLN Bengkalis Hasdedy.

"Sudah berapa lama dia melakukan aksinya, saya tidak tahu pasti. Yang jelas tadi kita jumpai orang tak dikenal memanjat gardu listrik dan saat ditanya dia (hanya 1 orang red,) menjawab sedang memperbaiki kabel kerumah masyarakat yang putus. Sedangkan orang tersebut bukan petugas teknik makanya disuruh turun dan menanyakan identitasnya karena mencurigakan," ungkapnya lagi.

Lanjut Hasdedy, setelah turun, kemudian petugas PLN Rayon Bengkalis langsung menanyakan tujuannya melakukan hal tersebut. Dikarena tidak menggunakan APD pihak PLN Bengkalis juga menghindari terjadinya kecelakaan listrik karna bukan petugas yang berkompeten.

"Kita bisa lihat trafo tersebut belum beroperasi karna fuse masih posisi terbuka. Jadi tak mungkin ada perbaikan karna belum dialiri listrik gardunya. Kita hanya melihat dia memanjat tiang dan disuruh turun. Sedangkan untuk gardu PBG 16 masih utuh semua komponennya, tidak ada yg hilang," ujarnya.

"Karena kita pernah kehilangan beberapa komponen digardu lainnya. Makanya kasus ini kami serahkan kepihak kepolisian untuk bertindak penyelidikan. Saat digeledah, mobil yang digunakan itu, polisi menjumpai peralatan pekerjaan listrik seperti tang, cutter dan lain lain,"tambah Hasdedy.

Sementara itu, Kapolsek Bengkalis AKP Maitertika ketika dikonfirmasi media ini membenarkan dan telah menetapkan satu orang tersangka pelaku tindak pidana pencurian kabel Optic pada trafo PLN Bengkalis.

Sedangkan, yang melapor kejadian ini adalah langsung dari pegawai BUMN yang berkantor di Jalan Hantuah Bengkalis, kejadian ini tepatnya di Jalan Banjar Desa Pematang Duku, Kecamatan Bengkalis.

"Yang menjadi korban dalam hal ini adalah pihak PLN. Dan untuk tersangka, kita sudah menetapkannya, dia adalah DA bin Riski Saiful (25) warga Jalan Pemudi Ujung, Gang Aman RT003 RW008, Kelurahan Tampan, kecamatan Payung Sekaki kota Pekanbaru," ungkap Kapolsek Bengkalis kepada RiauGreen.com.

Diutarakan Kapolsek lagi, berawal ada warga yang melihat seseorang laki laki yang mencurigakan dengan memakai baju warna orange layaknya petugas PNL serta memakai Bet PLN.

"Ketika itu, mereka ini sedang memanjat tiang Trafo dengan seorang diri sambil mencungkil kabel di Trafo tersebut. Masyarakat yang merasa curiga, lalu menghubungi pihak PLN Bengkalis.Kemudian tersangka melihat kegiatannya telah di ketahui maka tersangka berupaya melarikan diri dengan menggunakan 1 unit Mobil Mrek Xenia Warna Putih yang digunakannya," kata Kapolsek lagim

"Kemudain pihak PLN Bengklis langsung melaporkan ke Polsek Bengkalis, pada pukul 11.30 Wib bersama tersangka yang berhasil ditangkap beserta barang bukti berupa , stiker PLN, baju petugas PLN, gunting lemotong kabel dan paralatan kunci untuk melakukan aksi pencurian dan berhasil diamankan," ujarnya.

Selain itu, setelah digiring ke Mapolsek Bengkalis, tersangka mengaku telah melakukan pencurian sebanyak 2 tempat dengan mengambil Kabel Opstik pada trafo tersebut berada di Jalan Proyek Desa Pematang Duku Bengkalis.

SHARE
Previous articleNapi Modern Lapas Pekanbaru Pesan Shabu Pakai Gojek
Next articleSPI desak Polda Riau Transfaran Dalam Penegakan Hukum Terkait Bupati Bengkalis Yang Diduga Kuat Ikut Terlibat

COMMENTS