Perang Air Dimulai Warga Selatpanjang Saling Tembak Hingga Basah Kuyup

484 views
ilustrasi festival perang air(google.com)

DIRIAU.COM, Meranti - Ratusan, bahkan ribuan masyarakat di Selatpanjang banyak 'ditembak' hingga basah kuyup dalam perang air (cian cui) yang sudah mulai dilaksanakan pada Jumat (16/2/2018). Kegiatan perang air atau cian cui sudah dimulai pada pukul 16.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Ada yang menggunakan pistol air, selang penyemprot air, atau bahkan langsung menyiram menggunakan ember kecil. Selain itu juga terlihat modifikasi pipa paralon yang dibuat agar bisa menyemprotkan air seperti suntik besar yang terbuat dari pipa.

Walaupun didominasi warga keturunan Tionghoa, namun tidak sedikit masyarakat lainnya. Bahkan sudah terlihat sepasang turis asing yang ikut bermain perang air tersebut. Selain orang dewasa perang air juga diikuti oleh anak-anak. Bahkan tampak juga sejumlah orang tua yang sudah paruh baya. Dari pantauan, sepanjang rute perang air dijaga oleh pihak kepolisian dan petugas dari Dinas Perhubungan. Selain untuk menjaga ketertiban, mereka juga bertugas untuk mengatur lalu lintas pengguna jalan lainnya.

"Pada hari pertama cukup ramai. Tapi masih pesertanya akan terus bertambah pada hari-hari berikutnya," terang Ketua Panitia pelaksanaan perang air, Uyung. Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Drs H Ismail Arsyad MSi menyebutkan event perang air atau cian cui tersebut sudah masuk dalam kalender wisata Provinsi Riau. Bahkan nantinya pada Senin (19/2/2018) pelaksanaan perang air akan diresmikan oleh Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasym. "Senin akan diresmikan oleh Plt Gubri di Selatpanjang. Karena event ini sudah menjadi agenda Wisata Riau," jelas Ismail.

 

 

 

sumber : riau24.com

COMMENTS