Ketua DPD KNPI Kabupaten Kampar, Febio Anggriawan Burhanuddin

BANGKINANG, DIRIAU.COM--Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) bagian yang tak terpisahkan dari rakyat. Sehingga kiprah organisasi tempat berhimpun para pemuda lintas agama, etnis dan suku bangsa ini sangat dinanti oleh masyarakat dalam situasi sulit seperti saat pandemi Covid-19 yang tengah melanda Indonesia tak terkecuali Kabupaten Kampar sendiri.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) KNPI Kabupaten Kampar, Febio Anggriawan Burhanuddin berpandangan, situasi masyarakat saat ini sangat sulit. Kata dia, sejak pandemi Covid-19 ini banyak orang yang terdampak secara sosial dan ekonomi.

"Perusahaan-perusahaan banyak yang terhenti operasional. Para pedagang kehilangan pendapatan karena minimnya pengunjung. Para buruh banyak yang harus dirumahkan dan bahkan di-PHK. Daya beli sangat rendah. Pendapatan menurun drastis dan bahkan masyarakat ekonomi lemah sampai kebingungan untuk bertahan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari," urai pemuda yang akrab disapa Anggi ini kepada wartawan, Selasa (12/5/2020) malam.

"Seharusnya para pemuda saat ini harus ikut berjuang, berbuat kebaikan, bahu- membahu untuk meringankan beban masyarakat yang benar-benar terdampak atas pandemi ini," ajak putra mantan bupati Burhanuddin Husin ini.

Anggi menjelaskan, pemuda mesti ikut berpartipasi mencari solusi. Seperti mengumpulkan paket sembako dengan cara membuka donasi dari masyarakat. Dia juga mengapresiasi kepedulian dari perusahaan-perusahaan, tokoh masyarakat, pejabat, anggota dewan yang sudah turun memberikan bantuannya.

"Tetapi juga masih ada yang mungkin belum ikut andil dalam memberikan bantuan dikarenakan berbagai faktor. Kita pemuda berperan untuk memberikan solusi baik itu untuk berkolaborasi atau memfasilitasi pendistribusian bantuan dari perusahaan atau donatur.Tentunya dengan pertanggung jawaban yang jelas," ucap Anggi.

Dalam pada itu, lanjut dia, pemuda juga bisa bergerak dengan melakukan aksi sosial, semisal membuat masker lalu membagikan secara gratis kepada masyarakat.

"Kita tidak bisa hanyak berdiam menunggu pemerintah bergerak sendirian. Kita harus membantu meringankan tugas pemerintah," urai pemuda yang bernama lengkap Febio Anggriawan Burhanudin itu.

Febio Anggriawan Nyatakan KNPI Kampar Sudah Melakukan Berbagai Upaya

Sejauh ini, jelas Febio, DPD KNPI Kampar yang ia pimpin telah melakukan kegiatan sosial dalam melawan pandemi Covid-19 dan mengantisipasi dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Kampar.

"Kami sudah melakukan penyemprotan desinfektan, pembagian hand sanitizer, pemberian tong air bersih untuk cuci tangan di 21 kecamatan di Kabupaten Kampar," ungkap dia.

Memang, tambah dia, tidak seluruh desa dapat didatangi KNPI mengingat keterbatasan waktu dan logistik yang dimiliki.

"Agenda berikutnya, kami DPD KNPI Kabupaten Kampar berkolaborasi dengan Human Initiative Riau. Alhamdulillah berhasil mengumpulkan 200 paket sembako untuk tahap awal, yang akan kami distribusikan dalam waktu dekat," janji Anggi.

Harapan dia, paket donasi ini dapat terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Kampar, sehingga semakin banyak paket sembako yang bisa distribusikan kepada masyarakat yang berhak untuk menerimanya.

"Setelah itu, kami juga berencana untuk membagikan masker secara gratis di beberapa titik di Kabupaten Kampar," tutup pemuda yang mengaku banyak belajar tentang Kampar dan adat istiadatnya yang istimewa dari sang ayah yang tak lain adalah Burhanuddin Husin, Bupati Kampar Masa Bhakti 2006-2011.

Penulis : Nazaruddin

SHARE
Previous articleRepol, Anak Sungai yang Amat Mengiginkan Kelestarian Sungai
Next articleHj. Arlena Ketua Panitia : Alhamdulillah 600 Kantong Daging Qurban Kita Distribusikan untuk Warga RW 01 Pulau Karomah dan Masyarakat Sekitar

COMMENTS