Oknum TU SMP di Mandau Tertangkap OTT

546 views
ilustrasi

DURI (DIRIAU.com) -- Oknum Tata Usaha (TU) SMPN 5 Mandau yang tertangkap OTT (Operasi Tangkap Tangan) oleh tim saber pungli Polres Bengkalis, Sabtu (28/7/2018) lalu, telah mencoreng dunia pendidikan di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Edi Sakura mengatakan, bahwa dirinya tidak pernah menduga hal ini terjadi. Padahal pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait apa saja yang termasuk pungli.

"Kita sudah sosialisasikan Permendikbud nomor 75 tahun 2017 tentang 52 item yang masuk dalam kategori pungli," kata Edi. Edi juga menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada pihak kepolisian terhadap oknum TU SMPN 5 Mandau. Hal ini harus dijadikan contoh kepada sekolah lainnya yang ada di Kabupaten Bengkalis, agar tidak terjadi hal serupa.

"Saat ini memang kita belum mengeluarkan sanksi. Biar ada putusan hukumnnya dulu," ujar Edi. Dalam pemberitaan sebelumnya, diketahui oknum TU diduga melakukan pungli dengan jumlah bervariasi kepada wali murid yang ingin anak-anaknya diterima di sekolah tersebut melalui jalur khusus.

Pihak kepolisian masih memeriksa sejumlah saksi, termasuk para orangtua atau walimurid. Satreskrim Polres Bengkalis berhasil mengamankan uang sebanyak Rp14 juta 300 ribu. Sudah delapan yang diperiksa sebagai saksi. Dan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut tetap berjalan seperti biasa.

COMMENTS