Diriau.com -- Tahun 2019 ini merupakan pertarungan politik para calon-calon penguasa yang akan menduduki lembaga2 negara yang katanya akan mewakili suara-suara rakyat.

 

Cukup menarik berbagai visi misi yang di lontarkan oleh para calon-calon wakil rakyat dalam menarik hati masyarakat demi bisa mendapatkan kemenangan pada 17 April 2019. 

 

Kita melihat berbagai isu-isu seksi untuk menaikkan ataupun menjatuhkan elektabilitas dalam pertarungan politik sudah bisa dikatakan halal dalam dunia politik. 

 

Tetapi disini masyarakat sekarang cukup cerdas melihat calon-calon wakil rakyat. Mana yang betul-betul ingin berbuat dan mana calon yang hanya ingin mendapatkan kekuasaan.

 

Yang perlu kita perhatikan adalah kita harus mengetahui tugas dan wewenang dr setiap lembaga negara yang Telah diatur dalam UUD 1945.

 

Jangan kita termakan oleh iming-iming janji politik yang seharusnya hak dan kewajiban mereka tidak di atur dalam peraturan perundang-undangan.

 

Lembaga Legislatif atau sering masyarakat sebut Dewan perwakilan rakyat baik itu pusat maupun daerah bertugas Membuat undang-undang,menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), fungsi pengawasan

 

Lembaga Eksekutif menerapkan atau melaksanakan undang-undang. Bidang eksekutif adalah presiden dan wakil presiden beserta menteri-menteri yang membantunya. Yudikatif bertugas mempertahankan pelaksanaan undang-undang. Adapun unsur yudikatif terdiri atas Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

SHARE
Previous articleDisdukcapil Serahkan 4433 Keping KTP-el 3 Kecamatan di Tapung
Next articleBupati Siak Bersama OPD Dan Camat se-Siak Hadiri Open House Kediaman Gubernur Riau

COMMENTS