DIRIAU.COM --  Di provinsi Maluku terdapat empat kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada tahun ini. Terkait hal tersebut Kompolnas RI melakukan kunjungan kerja ke Polda Maluku dan Polres Buru dalam rangka meninjau kesiapan Polda Maluku dan jajaran dalam pengamanan Pilkada serentak tersebut. 
 
Kunjungan kerja dilakukan oleh Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi dengan didampingi oleh Brigjend. Pol. Yehu Wangsajaya.  Adapun pelaksanaannya selama  3 hari, yaitu dari tanggal 4 sampai 6 Februari 2020. 
 
Ditemui setelah kunjungan kerjanya, Komisioner Kompolnas RI Dede Farhan Aulawi menyatakan bahwa Polda Maluku dan jajaran sudah siap melaksanakan amanah konstitusi untuk mengamankan pelaksanaan pilkada di wilayahnya. Dirinya puas dengan paparan Karoops Polda Maluku dan Wakapolres Buru yang telah memaparkan kesiapan dalam pelaksanaan tugas pengamanan pilkada yang tergambarkan dalam Asta Siap.
 
Asta siap yang dimaksud adalah kesiapan piranti lunak, latpra ops, masyarakat, sarpras, anggaran, personil, kamtibmas dan siap posko. Begitupun potensi gangguan sudah teridentifikasi sehingga sudah menyiapkan langkah-langkah antisipatif untuk mengatasinya. Pola pengamanan TPS menggunakan pola yang berbeda antara daerah kurang rawan, rawan, dan sangat rawan. Termasuk pola pengamanan rayonisasi kontijensi.
 
Sementara itu, Dede mengamanatkan kepada seluruh jajaran personil polri yang bertugas agar senantiasa menjaga netralitas, agar hasil pemilu semakin berkualitas. 
 
"Di samping itu dipandang perlu untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi dengan seluruh fungsi yang terkait, agar apabila terjadi perselisihan bisa diselesaikan secara damai. Akhirul kata, selamat bertugas bagi seluruh anggota polri, semoga pilkada berjalan dengan aman, damai dan sejuk, " harap Dede menutup pembicaraan.
 
Reporter : Sabam Tanjung
Editor      : Lukman Prayitno
SHARE
Previous articleMasykur Tarmizi Pimpin Kwarcab Pekanbaru
Next articleGus Dur Disebut Lengser Usai dari Kediri, Mantan Jubir Gus Dur: Pramono Bohong, Penyebabnya Itu Megawati!

COMMENTS