Kado Istimewa Ulang Tahun Pemprov Riau Yang  Ke 61 Tahun Diwarnai Aksi Demo Mahasiswa

531 views
Demo mahasiswa

PEKANBARU , DIRIAU COM -- Aksi tidak puas akan kinerja pemerintah Provinsi Riau  dan DPRD Provinsi selama menjalan roda pemerintahan selama ini , Badan Eksekutif Mahasiswa ‘ Universitas Riau ‘ kembali menyuarakan lemah nya kinerja PemProv Riau dan DPRD Provinsi Riau .

Dalam aksi nya BEM Universitas Riau menyampaikan beberapa sikap penyataan .

Dimana , pada tgl 31 Juli 2018 silam Kementrian ESDM RI telah menunjuk PT Pertamina sebagai iperator Blok Rokan  denfan demikian pengellolan Blok Rojan resmi sampai tgl 8 Agustus 2021 yang dikelola PT PERTAMINA , yang diambil alih dari warga negara asing yang selama ini menikmati kekayaan bumi Riau .

Dalam penunjukan PT Pertamina sebagai operator baru  , Blok Rokan menciderai UU migas nomor 22 tahun 2001 , pada pasal 12 ayat 1 disebutkan bahwa wilayah kerja yang ditawarkan kepara Badan Usaha atau Bentuk Usaha ditetapkan oleh Menteri setelah berkinsultasi dengan daerah , yang artinya ‘ Pembahasan pengelolaan Blok Rokan harus bekonsultasi terlebih dahulu , namun  dalam penunjukan PT Pertamina tersebut tidak ada melibatkan Riau sebagai daerah Blok Rokan .

Berdasarkan UU nomir 31 tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan peaturan pemerintah Republik Indonesia nomor 55 tahun 2005 tentanf dana perimbangan ( Lembaga Negara Republik Indonesia tahun 2005 NO 137 )  dengan estimasi pembagian sebesar 84 ,5 persen untuk pemerintah pusat dan 15,5 persen untuk pemerintah daerah namun dalam realisasinya anggaran dana bagi hasil Migas tersebut penghitungan nya tidak tranfaran , gal tersebut diungkapkan sekda Privinsi Riau ahad lalu .

Bahkan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Riau menyatakan sikap sebagai berikut .

1 : Mendesak Pemerintah Daerah untuk segera mengupayakan dan  memastika BUMD turut serta dalan pengelilaan Blok Rokan.

2 : Mengecan tindakan pemerintah Pusat dengan tirak melibatkan pemerintah Riau dalan peundingan penentuan operator Blok Rokan sesuai dengan UU Migas NO 22/ 2001 pasal 12 ayat 1 .

3 : Wujudkan  kedaulatan enegi Nasiinal dan bedasarkan keadilan bagi daerah  penghasil dan Negara Jesatuan Republik Indonesia .

Namun sangat disayangkan , aksi demo ketidak puasan akan kinerja pemerintah Provinsi Riau selama ini , namun tidak satupun pejabat PemProv Riau untuk menghampiri mahasisiwa .

Dimana Gubenur Riau dan seluruh pejabat / petinggi di pemprov Riau sedang melaksanakan Rapat paripurna ‘ Hari jadi Provinsi Riau yang ke 61  

 

 

 

 

Liputan (Jimmi)

Editor (S Tanjung)

COMMENTS