Jelang Pelaksanaan Tes CPNS 2018, Pelamar di Meranti Mulai Urus Kartu Pencari Kerja

399 views
foto ilustrasi (net)

KEPULAUAN MERANTI DIRIAU.com -- Menjelang dilaksanakannya tes CPNS 2018 mendatang, para pelamar mulai melakukan pengurusan kartu Pencari Kerja (Pencaker) di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kepala DPMPTSPTK Kepulauan Meranti, Drs Revirianto, melalui Kabid Tenaga Kerja, Sarifuddin Y. Kai didampingi kasi penempatan tenaga kerja, Siska Primasari, mengungkapkan bahwa pembuatan Kartu Pencaker atau biasa disebut Kartu Kuning saat ini mulai mengalami peningkatan.

"Dalam bulan ini pembuatan Kartu Pencari Kerja mulai meningkat dan mencapai 15 hingga 20 perhari. Sedangkan hari-hari biasa hanya sekitar 5 saja," ungkap Sarifudin Y Kai, kepada dua awak media, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (30/7/2018) siang.

Sarifuddin juga mengatakan sebenarnya membuat Kartu Pencaker ini jelas sangat mudah dan cepat. Asal para Pencaker tersebut melengkapi persyaratan seperti wajib menyerahkan foto copy ijazah terakhir dan foto copy KTP beserta foto ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar, kemudian pengisian formulir.

"Bisa langsung siap dalam sehari. Jika persyaratan lengkap tidak sampai satu jam sudah siap," tutur Sarifuddin.

Dijelaskan Sarifudin pula, Kartu Pencari Kerja itu berlaku selama 2 tahun, namun dalam 6 bulan jika belum digunakan maka pemiliknya wajib lapor.

Sementara itu, Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Meranti belum mengetahui apa saja persyaratan untuk ikut tes CPNS 2018 ini.

Meski demikian, pihak BKD memprediksi jika persyaratan yang akan diberlakukan dalam CPNS tahun ini sama dengan tahun sebelumya.

"Sampai saat ini belum ada juga info resmi dari Kemenpan, namun untuk persiapan bisa disiapkan hal-hal standar seperti Fotocopy Ijazah, SKCK dan lain-lain. Kemudian KTP- e nya diminta validasikan di Capil," tutupnya.

COMMENTS