Siak , diriau.com -- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan pondasi dan pilar utama dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Karena itu, pembangunan pendidikan karakter manusia Indonesia harus dimulai sejak  usia dini pada anak. 

 

Hal itu di kemukakan Hj. Rasidah Alfedri usai mengikuti acara Sosialisasi dan Harmonisasi Bunda PAUD di Hotel Sultan Jakarta, yang ditaja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

 

Rasidah bilang, pembangunan pendidikan karakter harus menjadi bagian setiap keluarga dalam bentuk pendidikan non formal maupun lewat jalur informal  dalam satuan pendidikan seperti  PAUD, TK, Kelompok Bermain dan sejenisnya.

 

“Menanamkan nilai-nilai luhur dan karakter harus dimulai sejak usia dini. Dan keluarga memiliki peran besar dalam membangun manusia Indonesia" ujarnya kepada Humas Siak, Selasa (2/4/2019).

 

Dia mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memantapkan peran Bunda Paud dalam pengembangan SDM sejak usia dini. 

 

"Sosialisasi ini sangat berguna untuk meningkatkan pemahaman Bunda PAUD terkait kerangka kebijakan global dan nasional di bidang PAUD, serta meningkatkan pemahaman peran Bunda PAUD sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan PAUD di daerahnya masing-masing khususnya di Kabupaten Siak nantinya," kata Rasidah. 

 

Selanjut istri dari Bupati Siak itu akan melakukan pertemuan di Kabupaten Siak terkait kepengurusan organisasi dan program-program kedepannya. 

 

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi dalam sambutannya mengharapkan lewat kegiatan ini dapat menciptakan sinergi peran Bunda PAUD Provinsi dan Bunda PAUD Kabupaten/Kota dalam pembinaan layanan PAU, sehingga dapat mewujudkan kesamaan persepsi dalam pemantapan peran Bunda PAUD. 

 

Selain itu ia mengatakan peran strategis Bunda PAUD antara lain mendorong partisipasi dan peran serta masyarakat dalam mendukung pembinaan penyelenggaraan dan pengembangan layanan PAUD berkualitas.

 

Dalam kegiatan ini, turut dihadiri Ibu Wakil Presiden RI, Hj Mufidah Jusuf Kalla, Mendikbud RI, Muhajir Effendi, Bunda Paud  Provinsi Riau dan seluruh Bunda Paud Propinsi dan Kabupaten/kota se Indonesia.(jhon rio)

SHARE
Previous articleTernak Kerbau Sering Hilang , Korban Desak Polsek Kampar Segera Tangkap Pelaku
Next articleSiswa SMPN 1 Bangkinang Kota Memperkuat Semen Padang FC U-16 Liga 1 Elite Pro

COMMENTS