Pekanbaru , DIRIAU.com -- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru mendata ada sekitar 300 Organisasi Masyarakat (Ormas) yang saat ini muncul dan bergerak di daerah Kota Pekanbaru, namun dari jumlah yang terdata hanya sekitar 50 ormas yang resmi mendaftarkan organisasinya ke Kesbangpol Kota Pekanbaru.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru, M. Yusuf kepada wartawan saat dikonfirmasi diruang kerjanya terkait keberadaan Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada saat ini di Kota Pekanbaru.

"Dari data kami miliki jumlah Ormas yang saat ini lahir dan bergerak di Kota Pekanbaru diperkirakan ada sekitar 300 Ormas, dan dari jumlah itu ada hanya sekitar 50 yang resmi sudah mendaftarkan organisasinya kepada kami," Ucap Yusuf.

Dijelaskanya, untuk berapa banyaknya jumlah organisasi masyarakat (Ormas) yang saat ini lahir dan bergerak di Kota Pekanbaru, pihaknya tidak bisa memastikan jumlah 300 Ormas yang lahir dan bergerak disini. itu yang terdata oleh pihaknya (kesbangpol) Kota Pekanbaru.

"Padahal jika didaftarkan secara resmi kepada kami, justru akan menguntungkan bagi Ormas itu sendiri. keuntungan terdaftarnya organisasi itu yakni keberadaan dari ormas itu akan diakui dan tentunya, ormas itu akan dilindungi oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru," Ungkap Yusuf.

Lanjut diungkapkanya, masih ada keuntungan lain yang bisa didapatkan ormas itu jika organisasi mereka resmi terdaftar, yakni manakala mereka (Ormas) itu butuh dana mereka bisa mengajukan proposal. Pada intinya organisasi masyarakat yang resmi terdaftar adalah sebagian bentuk menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dengan Pemerintak Kota (Pemko) Pekanbaru.

"Maka dari itu, kami menghimbau dan mengajak kepada seluruh Organisasi Masyarakat yang lahir dan bergerak di Kota Pekanbaru, agar kiranya segera mendaftarkan secara resmi organisasinya. Dengan terdaftar secara resmi di kesbangpol maka keuntungan akan didapatkan Ormas tersebut," Tutupnya.

 

 

Reporter (Jimmi)

SHARE
Previous articleParadigma Mahasiswa Idealis
Next articlePT Gapura Angkasa ( GA) dan PT Dwi Sukses Abadi ( DSA ) Digugat 2 Mantan Karyawannya ke PN Pekanbaru

COMMENTS