Wakil Ketua DPRD KAMPAR, Repol SAg turut turun saat pengecekan kondisi Sungai Tapung yang diduga tercemar limbah

TAPUNG, DIRIAU.COM -- Aliran Sungai Tapung yang berada di Desa Bencah Kelubi Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar mengalami pencemaran yang mengakibatkan kondisi air  berbau. Bahkan kondisi ini mengakibatkan ikan yang berada dialiran sungai tersebut pada mati.

Kejadian ini dilaporkan warga kepada Pemerintah Desa Bencah Kelubi, kemudian Kepala Desa Yusmar melakukan kordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Tapung, Dinas Lingkungan Hidup dan DPRD Kabupaten Kampar untuk melakukan peninjauan langsung ke lapangan hari ini Selasa (7/4/2020).

Dalam pengecekan ke tepi sungai Tapung tersebut juga tampak hadir,Wakil ketua DPRD Kampar Repol SAg, DLH Kabupaten Kampar Sueandi, Camat Tapung, Kepala Desa Bencah kelubi Yusmar beserta perangkat desa dan sejumlah media tampak ikut serta dalam peninjauan tersebut.

Menurut Kades Bencah Kelubi Yusmar, Sungai Tapung saat ini diperkirakan terjadi pencemaran yang membuat air berbau dan ikan pada mati. Kondisi ini diduga terjadi karena di Hulu sungai ada pabrik kelapa sawit milik PT Kencana Agro Pers ada (KAP). 

"Air menjadi berbau disepanjang aliran sungai., apalagi di hulu sungai ada pabrik kelapa sawit. Kami berharap adanya kerjasama yang baik terkait kejadian ini, sebab sungai ini merupakan salah satu sumber mata pencaharian masyarakat kami yg menjadi nelayan " Ungkap Kades Yurmar.

Wakil Ketua DPRD Kampar Repol S Ag mengatakan akan menindak tegas perusahaan yang melakukan pencemaran." Kami juga memerintahkan kepada DLH Kampar untuk mengambil sample air dan ikan yang mati untuk diuji di laboratorium " tgas Repol.

Dihubungi terpisah, perusahaan PT. KAP melalui KTU Irfan ketika dihubungi melalui sambungan telepon selulernya membantah kalau pabrik kelapa sawitnya terjadi kebocoran limbah yang mengakibatkan terjadinya pencemaran di aliran Sungai Tapung.

Penulis : Tanjung

Editor   : Lukman Prayitno 

SHARE
Previous articleKetua Pengawas IPK-Rohil, ZUL Angkat Bicara Akibat Covid-19 , Pemerintah Harus Serius Memperhatikan Nasib Masyarakat
Next articlePeduli Kaum Lansia Hadapi Covid-19, HIMAPALKO Pekanbaru Bagikan Sembako Di Kuansing

COMMENTS