DIRIAU.COM , PEKANBARU - Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tenayan Raya Kota Pekanbaru menyelenggarakan kegiatan Aksi Bakti Penanaman 1.000 Pohon, Sabtu (16/3/2019), di kawasan Bumi Perkemahan Tenayan Raya Madani Pusdiklatcab Pekanbaru, Jalan Palembang, Kelurahan Sialang Rampai, Kecamatan Tenayan Raya.

Aksi penanaman pohon diikuti oleh 150 orang Pramuka Penggalang dan Penegak yang berpangkalan di SMP dan SMA se-Kecamatan Tenayan Raya.Camat Tenayan Raya Abdimas Syahfitra, SSTP, M.Si selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tenayan Raya langsung menghadiri dan membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya, Abdimas menyampaikan arti pentingnya menanam pohon bagi alam dan masa depan serta mengucapkan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan kegiatan yang ditaja oleh Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tenayan Raya.Apel pembukaan kegiatan Aksi Penanaman Pohon dihadiri oleh Lurah Sialang Rampai, Babinsa TNI AD se-Tenayan Raya, Babinkamtibmas Polsek Tenayan Raya, dan Kepala Sekolah se-Tenayan Raya serta beberapa tokoh masyarakat dan Pembina Pramuka.

Setelah Apel Pembukaan, Camat dan seluruh tamu undangan berkesempatan langsung menanam bibit pohon di lubang-lubang yang telah disiapkan oleh Panitia Pelaksana, dan pada saat penanaman dilakukan pembacaan surat Al-Fatihah dan Sholawat Nabi.Toni Werdiansyah, S.Si selaku Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tenayan menyampaikan bahwa tema kegiatan kali ini adalah "Tenayan Raya Menghijau dan Berbuah". Hal ini dikarenakan jumlah bibit pohon yang ditanam sebanyak 1.000 batang dan terdiri dari pohon matoa, lengkeng, nangka, jengkol, gaharu, dan durian.

Toni menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini merupakan salah satu aplikasi dari pola pembinaan Pramuka yakni bina satuan, di mana pelaksana kegiatan ini adalah Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tenayan Raya dan bina masyarakat. Para Pramuka Penggalang dan Penegak langsung turun ke lapangan melaksanakan kegiatan di alam terbuka, dan melakukan aksi sosial yang bermanfaat untuk alam dan masyarakat serta perwujudan nilai-nilai Dasa Darma yakni Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.(rls)

SHARE
Previous articleDengan sigap nya team opsnal sat Resnarkoba Polres Kampar meringkus pelaku narkoba di 2 TKP
Next articleHj. Arlena Ketua Panitia : Alhamdulillah 600 Kantong Daging Qurban Kita Distribusikan untuk Warga RW 01 Pulau Karomah dan Masyarakat Sekitar

COMMENTS