Ilustrasi: internet
KAMPAR, DIRIAU.COM -- Pelaksanaan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepala Desa se-Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar diduga cacat administrasi. Pasalnya keberangkatan 25 Kades Se-Kecamatan Tapung tersebut tanpa pemberitahuan tertulis kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kampar dan tidak memiliki Surat Perintah Tugas (SPT) dari Bupati Kampar. 
 
Hal ini diungkapkan  narasumber yang tidak ingin disebutkan namanya saat wawancara via telepon pada (5/9/2019) Pukul 19:00 WIB. Menurutnya keberangkatan 25 kades ke Jogja tersebut cacat administrasi. 
 
"Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan selama 5 hari di Jogjakarta. Namun anehnya perjalanan dinas tersebut tanpa ada SPT dari Bupati Kampar dan tanpa pemberitahuan ke Dinas PMD Kampar"  terangnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Kampar, Febrinaldi Tridarmawan saat dikonfirmasi diriau.com membenarkan kegiatan Bimtek tersebut tidak dilengkapi administrasi. Pasalnya tidak ada pemberitahuan tertulis kepada Dinas PMD Kampar hingga 25 kades berangkat ke Jogjakarta. 
 
"Benar, tidak ada pemberitahuan tertulis, yang ada hanya lisan. Padahal kami telah menyampaikan agar segala administrasi dilengkapi, apalagi berangkat perjalanan dinas ke luar Kabupaten Kampar," jelasnya.
 
Sebab melalui pemberitahuan resmi tertulis tersebut, Pemerintah Kabupaten Kampar bisa mengetahui kegiatan yang dilaksanakan para kades. Sehingga kegiatan yang bersumber dari anggaran desa tersebut bisa dipertanggungjawabkan. 
 
"Secara administrasi harus juga dipenuhi, Pemkab Kampar melalui Dinas PMD Kampar harus mengetahui kegiatan Bimtek yang dilaksanakan ini. Kemudian Bimtek dalam hal apa, tujuan daerah tempat dilaksanakan BIMTEK. Begitu juga lembaga penyelenggara kegiatan Bimtekini. Baru kemudian diterbitkan administrasi dalam bentuk SPT," tegas Kadis.
 
Meskipun begitu, dipaparkan Febrinaldi,  kegiatan bimtek kades tersebut merupakan hak dan kewenangan kepala desa melaksanakan kegiatan yang bersumber dari anggaran desa.
 
Reporter : Sanusi
Editor      : Lukman Prayitno 
SHARE
Previous articleWarga Kampar Diserang Beruang Saat Mencari Ikan
Next articlePSPS Paksa Babel United Menyerah Dikandang

COMMENTS