BANGKINANG , Diriau.com - Sebanyak 300 orang terlibat dalam proses pelipatan surat suara pemilu 2019, Sabtu (16/3/19). Pelipatan surat suara dipusatkan di gedung Sport Center Bangkinang. 

300 orang ini di bagi dalam 30 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 10 orang.  Mereka bekerja sejak pukul 08.00 Wib hingga pukul 16.00 Wib. 

Pelipatan surat suara ini mendapat pengamanan dari pihak TNI, Polri, Satpol PP dan di bawah koordinasi KPU Kabupaten Kampar serta di awasi oleh Bawaslu Kabupaten Kampar. 

Ketua KPU Kabupaten Kampar Ahmad Dahlan, SE,  MSy kepada wartawan, Sabtu (16/3/19) menyampaikan bahwa dijadwalkan pelipatan surat suara akan berlangsung selama tiga hari.  "Insya Allah,  Senin besok pelipatan surat suara sudah selesai,  dan dilanjutkan dengan proses penyortiran," ujar Dahlan. 

Ada 2.968 kotak surat suara yang akan dilipat.  Setiap kotak terdiri dari 500 lembar.  Setiap lembar yang dilipat diberikan upah sebesar Rp. 75.

Kondisi proses pelipatan berlangsung aman dan terkendali.  Sebelum proses pelipatan surat suara, KPU Kampar bersama jajaran Polres Kampar memberikan penjelasan secara persuasif kepada para pihak yang terlibat proses pelipatan bahwa  proses pelipatan surat suara ini harus berlangsung steril dan penuh kehati-hatian. 

Seperti diketahui bahwa beberapa hari lalu,  Rabu dan Kamis,  hampir tiga ribu orang terlibat dalam proses pelipatan surat suara.  Hanya saja karena jumlah pelipat suara terlalu banyak dan bisa menimbulkan kerawanan,  maka proses pelipatan dihentikan satu hari Jumat (15/3/19).

 KPU kemudian membuka peluang hanya 300 orang untuk pelipatan surat suara untuk memudahkan pengawasan.  Akhirnya mulai Sabtu (16/3/19) hingga tiga hari kedepan hanya 300 orang yang terlibat dalam proses pelipatan surat suara tersebut.(Rano)

SHARE
Previous articleLANTERA Mengutuk Keras Aksi Teroris di Christchurch, New Zealand
Next article820 Peserta Antusias Ikuti Perkemahan HUT Pramuka Kampar Kiri

COMMENTS